Memahami Istilah CTR CPC RPM Google Adsense.

Memahami Istilah CTR CPC RPM Google Adsense.

Google adsense adalah media periklanan terbaik yang benar-benar membayar publishernya. Sering Anda jumpai ada juga media periklanan lainnya yang tidak membayar publishernya. Iklan dari Google adsense itu sendiri pun bermacam-macam. Ada banyak periklanan-periklanan dari berbagai Negara yang bekerja sama dengan Google adsense. Untuk memulai Google adsense-pun terbilang juga tidak begitu sulit. Yang perlu Anda punya adalah akun Gmail, Akun Youtube, Akun Blog. Untuk mendaftar “Google adsense for Youtube” sebaiknya anda mengupload satu video original Anda, setelah itu anda bisa daftar dan kaitkan dengan Google adsense. Sedangkan untuk “Google Adsense for Blog” itu sendiri terbilang cukup sulit, karena Anda harus mempunyai artikel-artikel yang relavan dan pengunjung yang banyak agar diterima Google adsense.




Buat Anda yang sudah memiliki akun Google adsense, apakah Anda sudah mengerti akan arti CTR, CPC RPM? Dan sudahkah Anda melihat di dashboard akun Google adsense Anda?
Apabila Anda belum mengerti tetnang CTR, CPC, dan RPM ataupun sudah melihat di Dashboard akun Google adsense Anda. Anda masuk pada artikel yang tepat.







Setiap kali melihat laporan penghasilan dari iklan yang ditayangkan di blog ataupun Youtube, Teori Newbie sering menemukan istilah CTR, CPC dan RPM dalam laporan yang ada pada dashboard google adsense. Istilah ini sering sekali muncul di Dashboard, terkadang juga ada di tab laporan yang ada pada Google adsense Anda.







Sedikit “Teori Newbie” Jelaskan atau terangkan tentang apa itu CTR, CPC, dan RPM :



1. CTR (Click Through Rate) Istilah CTR ini biasa digunakan untuk menghitung jumlah klik iklan yang dibagi dengan jumlah tayangan iklan. sebagai contoh Iklan yang ditayangkan di Blog atau Youtube Anda sebanyak 1500 kali dan mendapatkan klik 12 kali maka CTR-nya adalah 12/1500=0,008=0,8%







2. CPC (Cost Per Click) nah kalau Istilah CPC digunakan untuk menghitung biaya per klik Iklan Anda. Untuk biaya perklik itu sendiri terbilang berbeda-beda alias semua tergantung pada pengiklan atau iklan yang ditayangkan di Blog atau Youtube anda. Agar Iklan yang tampil lebih relavan sebaiknya anda menulis artikel yang satu niche saja (Untuk Blog). Untuk Youtube sendiri agar iklan tetap relavan, sebaiknya Anda tetap mengupload Video yang mempunyai niche yang sama alias satu niche saja. Apabila Anda mempunyai CPC yang rendah anda bisa melakukan Riset Keyword untuk mengetahui CPC yang membayar mahal dan tentunya persaingannya juga tidak terlalu tinggi.









3. RPM (Revenue per thousands) Istilah RPM ini digunakan untuk menghitung Perkiraan Laba dibagi Jumlah Tampilan dikali 1000. Rumusnya adalah RPM=Perkiraan Laba/Jumlah Tampil*1000. Sebagai contoh Iklan di Blog Anda mendapatkan penghasilan $0.10 dari 500 Tampilan halaman iklan, maka RPM iklan Anda adalah RPM=(0.10/500)*1000=$2.00








Nah itu dia sedikitnya penjelasan tentang CTR, CPC dan RPM, apabila ada hal yang ingin Anda tanyakan Anda bisa member tahu kami entah itu saran ataupun yang lainnya dengan meninggalkan komentar pada kolom komentar yang sudah disediakan.








Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda untuk kedepannya dalam mempelajari apa itu Google adsense dan istilah-istilah yang ada. 


0 komentar