20 Tips Membuat Blog Yang Keren Untuk Pemula

20 Tips membuat blog yang keren untuk pemula

Era yang semakin modern ini membuat kita semakin mudah dalam mencari dan menemukan Informasi yang kita butuhkan. Perkembangkan ini merubah segalanya menjadi lebih baik dan lebih mudah. Sebagaimana contoh Yang tadinya berjualan di Toko secara offline saja, sekarang bisa secara Online. Selain itu, kita lebih mudah untuk berkomunikasi antar keluarga meski mereka berada ditempat yang jauh. Keuntungan ini juga menguntungkan bagi para seniman yang ingin menunjukan karyanya di Internet, dan itu bisa lewat Video , gambar ataupun tulisan.





Bicara soal menulis, anda yang hobi menulis juga bisa menunjukan karya tulisannya melalui Internet, Entah itu Media sosial, Forum, Journal ataupun lewat situs blog seperti Blogspot/Blogger. Namun alangkah bagusnya anda memulai karya dari hasil menulis anda lewat blog, karena banyak sekali keuntungan yang bisa anda dapatkan.

Sebelumnya apakah anda tahu, Apa itu Blog?

Untuk anda yang sudah berkecimpung di Dunia Internet pasti tahu ya, tetapi untuk anda yang belum tahu saya akan coba jelaskan disini.


Blog adalah situs yang bisa kita gunakan untuk berbagi  pengetahuan dengan khalayak umum. Apa saja yang bisa kita bagikan melalui blog? Yang kita bisa bagikan dari blog itu banyak sekali, bisa tulisan yang bersifat informasi ( Informasi disini sangat luas, bisa ilmu pengetahuan, kabar terbaru dunia atau berita, dan sebagainya ), Tutorial/tata cara, Tips dan trik, Membuat konten unduh legal seperti Audio, Gambar dan Video, dan masih banyak lagi.



Cara membuat blog sendiri / Tips membuat blog yang keren untuk pemula
Untuk cara membuat blog sendiri juga tidak terbilang susah, karena banyak sekali tutorial atau artikel yang menyediakan tentang tata cara membuat blog sendiri. Namun disini saya akan menjelaskan bagaimana caranya untuk membuat blog sendiri.


Cara membuat blog di blogger atau daftar blog adalah

1)  Buat akun Gmail Terlebih dahulu ( ini nantinya akan menjadi kunci utama anda dalam memiliki semua akun yang berkaitan dengan Google seperti blog ataupun Youtube. Jadi jangan sampai lupa kata sandinya ya! )


2) Setelah anda membuat Gmail, anda langsung menuju ke www.blogger.com untuk membuat blog. Biasanya tidak perlu mendaftar lagi, tapi apabila ada perintah mendaftar, anda ikuti saja intruksinya. Setelah selesai anda buat Blog.

3) Tulis nama Blog yang anda Inginkan, lalu isikan deskripsi sesuai topik dari Blog anda.


4) usahakan memiliki satu topik bahasan saja atau 1 niche. Sebagai contoh blog anda membahas mengenai Google adsense. lalu anda membahas mengenai Google Adsense saja, selain itu anda juga bisa membahas hal yang berkaitan dengan Google adsense seperti Blog Adsense ataupun youtube adsense. ini hanya contoh saja, namun semua itu terserah anda.


5) pilih template blog yang anda inginkan.


6) Selesai anda sudah memiliki blog, namun belum berisi konten. Oya, apabila anda kurang srek dengan template bawaan anda bisa mengunduh template dari luar yang banyak bertebaran di Internet. Biasanya adalah template blog yang keren, template blog yang simple, template blog yang responsive dan memiliki fitur yang cukup untuk blog anda, seperti SEO, Fast Response, Auto Readmore, dan masih banyak lagi.


7) Desain Favicon dan Logo untuk Blog anda, lalu pasang melalu tab/menu layout pada Dashboard blog

8) buat menu-menu di halaman blog, agar pengunjung lebih mudah memilih topik bahasan google adsense anda ( sebagai contoh apabila anda mempunyai blog dan topiknya adalah Google Adsense yang meliputi Blog Adsense dan Youtube Adsense ) sebagai contoh apabila topik anda Google Adsense anda membuat menu Blog Adsense, Youtube adsense, Optimasi Iklan Google Adsense, dan lain-lain.

9) Buat menu About, Privacy, DMCA, Disclaimer, Contact us. Buatlah menu-menu tersebut agar blog anda terkesan resmi. Selain itu blog anda juga aman dari copy paste oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Anda juga bisa melaporkan hal tersebut.


10) Isi konten anda, sesuaikan dengan topik blog anda. Usahakan 1 blog mempunyai 1 topik yang sering untuk dibahas seperti contoh topik mengenai “Blog”, “Youtube” ataupun “Google Adsense”


11) Desain gambar untuk Thumbnail Artikel anda, beserta gambar-gambar yang berkaitan dengan isi artikel anda agar Isi/konten artikel anda lebih menarik


12) Buat artikel sebanyak mungkin , 1000 kata lebih bagus. Jangan lupa masukan gambar thumbnail dan gambar-gambar yang berkaitan dengan isi/konten anda. Selalu tingkatkan konten! Jangan malas!


13) pasang widget yang ringan seperti label, Related Post, Post Populer, Blog Archive, ataupun widget media sosial yang mempunyai nama blog anda.


14) Pelajari SEO, terutama SEO on Page, untuk mengoptimalkan Pengunjung dalam menemukan artikel atau blog anda di Internet dengan mudah. Selain itu, anda juga bisa melakukan SEO Off Page dengan cara menyebarkan link ke Media sosial.


15) bangun backlink, backlink ini terbukti penting untuk meningkatkan ranking kita di mesin pencari Google. Apabila kita mempunyai 3 atau setidaknya 4 backlink yang berkualitas, saya yakin anda pasti bisa mengalahkan pengguna blog yang mempunyai peringkat di atas anda ketika di Halaman pertama mesin pencari. ( Backlink ini termasuk teknik SEO Off Page juga ). Apabila anda ingin tahu apa itu backlink anda bisa baca artikel ini: “Apa itu baklink?”


16) Domain TLD, Domain TLD ini sangat penting untuk branding, bahkan apabila anda mempunyai domainTLD seperti dotcom, dotcodotid, dotnet, dotid, anda pasti akan lebih mudah mengoptimalkan SEO dan saya yakin tidak akan sepi pengunjung. Sebagaimana artikel yang saya baca di Juragan Cipir, bahwa  “blog yang memiliki domain TLD apabila kita biarkan setahun atau dua tahun tetap tidak akan sepi pengunjung, tetapi apabila blog yang tidak memiliki blog berdomain TLD, jangankan 2 tahun, 2 hari tidak dirawat saja sudah sepi seperti kuburan”.


17) Daftarkan Google Adsense, untuk memperoleh pendapatan melalui karya menulis anda. Apabila blog anda dirasa cukup umur ( biasanya 6 bulan lebih ), kaya konten, dan banyak pengunjung, sudah saatnya untuk anda mendaftarkan blog anda di Google Adsense.


18) Apabila sudah terima, Atur tata letak yang pas untuk iklan anda. Anda juga bisa masuk ke tab/menu penghasilan untuk memilih penempatan iklan default yang disediakan oleh pihak Google Adsense.


19) setiap bulan atau tahun, anda bisa Upgrade tampilan blog anda, agar pengunjung tidak jenuh. Jangan upgrade terlalu ekstrim, perlahan-lahan saja. Seperti upgrade widget ataupun mengubah desain gambar konten agar lebih menarik lagi. apabila tidak juga tidak apa-apa.


20) Pelajari cara meningkatkan Iklan dari Google Adsense untuk mendapatkan pendapatan yang lebih.

Anda bisa membaca artikel ini : “Cara meningkatkan Google Adsense Earnings pada Blog dan Youtube” https://teorinewbie.blogspot.co.id/2017/05/cara-meningkatkan-google-adsense-Earnings-pada-Blog-dan-Youtube.html






2 komentar