Kebijakan baru Youtube: Menampilkan Iklan Setelah 10.000 Viewers

Kebijakan baru Youtube:  Menampilkan Iklan Setelah 10.000 Viewers.

Mengenai Youtube

Youtube adalah tempat berbagi Video terbesar yang pernah ada di Internet dan memiliki banyak pengguna. Youtube sendiri sekarang kian semakin ramai, karena sering bermunculan video-video menarik dan segar disana. Selain itu, Youtube juga menjadi wadah untuk seseorang dalam memamerkan keahliannya di Internet melalui Video, keahliannya itu bisa berupa hasil kreatifitasnya sebagaimana contoh “cara menggambar bola mata” “Cara mengenakan hijab yang baik dan benar” cara memasak daging yang keras” dan masih banyak yang lainnya dan tidak mungkin saya sebutkan satu persatu.



Selain sebagai ajang unjuk kreatifitas melalui Video di Youtube,  anda juga bisa mendapatkan pemasukan disana dengan cara mendaftarkan/Mengkaitkan Youtube Channels anda ke Google Adsense.


Youtube Partner Program ini sudah ada sejak tahun 2007 hingga sekarang.  Untuk anda yang sudah memiliki akun Youtube yang bermitra dengan Google adsense pasti tidak asing lagi dengan dunia per-Youtube-an disana.



Namun beberapa oknum yang biasanya sering disebut “Re-Upload” juga sering memanfaatkan celah ini untuk mendapatkan pendapatan Youtube dengan cara Ilegal (dengan segala cara). Biasanya Re-upload melakukan tindakan tersebut dengan cara mencuri Video-video milik orang lain dan me-“mix” video tersebut lalu di upload ulang bahkan dari mereka hanya mengedit sedikit dan langsung mengunggah ulang.


Hal ini tentunya membuat pihak Youtube geram, tak hanya itu, Buat Youtuber Indonesia sejati pasti juga akan geram dan kesal melihat peristiwa seperti ini. Namun mau bagaimana lagi, nasi sudah menjadi bubur, sekarang pihak Youtube membuat kebijakan baru dan memperketat kebijakan tersebut.


Kebijakan Baru Youtube

Youtube baru-baru ini mengubah kebijakannya dan lebih memperketat lagi aturan-aturan untuk menjadi Youtuber dengan bermitra Google Adsense (Publisher Google Adsense). kebijakan tersebut sontak mengkagetkan sebagian Youtuber dan merasa goyah akan berita kebijakan tersebut. namun tidak bisa dipungkiri, sekarang banyak sekali fenomena kecurangan-kecurangan yang terjadi, Seperti Re-upload, penggunaan Keyword yang tidak wajar, penggunaan bot untuk meningkatkan View, like dan comment dan masih banyak lagi trik black hat yang sangat merugikan bagi Youtuber sejati yang menggunakan Youtube dengan semestinya dan sewajarnya sesuai kreatifitas yang dimiliki.


Kebijakan Youtube tersebut adalah Youtube tidak akan menampilkan Iklan Google Adsense sebelum 10.000 Viewers, meski anda sudah diterima di Youtube sekalipun.


Maksudnya adalah Iklan tidak akan ditayangkan, agar Iklan ditayangkan anda harus memenuhi syarat terlebih dahulu, syarat tersebut adalah mendapatkan Viewers dengan jumlah 10.000 Viewers. Jadi setelah 10.000 Viewers iklan akan tayang di Video Youtube anda secara relavan dan anda bisa mendapatkan pendapatan melalui iklan yang tayang tersebut.


Mungkin yang dimaksud oleh Pihak Youtube adalah 10.000 dari Total keseluruhan tayang. Karena saya masih sering menemui video dengan 1000 view dan 2000 view. Jadi saya menyimpulkan itu mungkin adalah total keseluruhan tayang.


Jadi anda masih bisa bernafas lega, meski masih sedikit terbebani dengan tuntutan jumlah viewers yang begitu banyaknya.


Dampak kebijakan baru terhadap Youtuber Lama



Mungkin dampak kebijakan baru terhadap Youtuber atau Publisher lama tidak akan berpengaruh apa-apa, karena rata-rata mereka pasti memiliki pengalaman yang bagus seiring waktu lamanya mereka berkecimpung di Dunia Youtube ini.



Selain itu untuk Youtuber lama pasti kebanyakan juga sudah memiliki jumlah Views yang lebih dari kebijakan Youtube itu sendiri. Jadi saya yakin, itu tidak akan menjadi masalah apa-apa untuk Youtuber lama ini, kecuali kalau mereka seorang re-uploader, pasti baru kena batunya dan kesulitan akan kebijakan baru ini.



Dampak kebijakan baru terhadap Youtuber baru

Untuk seseorang yang baru tahu tentang Youtube dan baru tahu kalau Youtube bisa menghasilkan pendapatan melalui Google Adsense pasti akan sedih mendengar kebijakan baru tersebut. kenapa bisa bersedih? Karena tingkat kesulitan untuk mendapatkan pendatan akan bertambah, selain itu mendapatkan pengunjung-pun juga susah-susah gampang karena masih belum memiliki pengalaman yang cukup matang mengenai Youtube bermitra Google Adsense ini.


Namun apabila niat seorang Youtuber baru itu bukan soal pendapatan dan menomor 2-kan pendapat, tidak ada salahnya untuk mencoba youtube untuk ajang kreatifitas dalam menampilkan karya melalui bentuk Video.


Seiring waktu dan pengalaman saya yakin Viewers anda akan bertambah walaupun tidak langsung banyak tapi cukup. Dengan menampilkan kreatifitas melalui Youtube, saya yakin perlahan anda bisa mendekati angka 10.000viewers dan akan bisa menikmati hasil dari Iklan Google adsense juga. 


Ketika anda memasuki 10.000 Viewers, disitulah anda baru akan memulai, kecuali kalau Youtube channel anda sudah terkenal dan tidak susah-susah mencari Viewers saya yakin anda cepat mendapatkan pendapatan sebenarnya melalui Google Adsense ini. Namun sekali saya tegaskan, “Tidak ada salahnya untuk mencoba, Everything is possible.





Nah, untuk anda semua Youtuber Indonesia, jangan pernah lelah untuk berkarya meski belum bisa mendekati angka 10.000 viewers, karena pada dasarnya saya yakin kita semua bisa dan mempunyai kemampuan untuk menggapai angka tersebut. tunjukan kreatifitas anda, tunjukan kepada dunia, apabila dunia menyukainya, pasti keuntungan dan pendapatan akan senantiasa bersama anda.






0 komentar