Cara membuat Toko Online dengan Blogspot dan Domain TLD

Cara membuat Toko Online dengan Blogspot dan Domain TLD

Sebagai penjual yang cerdas pasti tahu cara mendapatkan keuntungan dalam menjual barang atau jasa. Apalagi kalau mereka sudah berpengalaman dalam bidang yang mereka tekuni. Pada jaman yang sangat modern ini, tentu berjualan akan semakin mudah. Kenapa bisa semakin mudah? Karena teknologi sudah semakin maju. Jadi selain bisa menjual barang secara offline, anda juga bisa menjual barang secara online.




Sebelum saya mengulas lengkap tentang cara membuat toko online dengan blogspot dan domain TLD ini, saya harap anda sudah terbiasa menggunakan smartphone atau perangkat lain seperti Laptop dan computer terlebih dahulu. Karena nantinya hal itu akan menjadi peranan penting bagi anda dalam menjual barang secara online.




Toko online adalah kombinasi dari toko(tempat kita membeli sesuatu) dan online (yang berarti aktif di dunia maya atau Internet). Atau bisa juga diartikan tempat untuk membeli sesuatu secara online.
Sebelum membuat toko online dengan blogspot dan Domain TLD. Saya akan memberikan sedikit informasi bahwa selain menggunakan Blogspot, anda bisa memulai membuat toko online dengan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram , Bigcartel, bukalapak, dan Youtube.






#A Toko Online di Facebook

Membuat toko online di Facebook ini sangatlah mudah. Yang perlu anda lakukan hanyalah membuat akun facebook toko online anda atau nama anda. Apabila anda sudah membuat facebook anda bisa memulainya dengan berjualan di profil pribadi anda (sebelum itu pastikan anda mempunyai teman facebook terlebih dahulu). Untuk teman facebook anda juga bisa menargetkannya, jadi pembelinya nanti bisa tertarget dan sesuai dengan barang dagangan anda (pembeli yang sekiranya membutuhkan barang dagangan anda).



Caranya adalah dengan mencari grup atau komunitas yang sekiranya sesuai dengan toko online anda. Ketika anda sudah menemukan grup atau komunitas yang sesuai dengan toko online anda, anda bisa cek bagian anggota, lalu mencari anggota dari grup tersebut dan menambahkannya sebagai teman facebook anda satu persatu.




Anda juga bisa mempromosikan produk anda digrup yang bersangkutan dengan tujuan untuk mendapatkan pembeli disana.

Selain itu anda bisa membangun grup facebook anda sendiri dan Facebook Page sendiri.



#B Twitter

Twitter adalah media sosial yang terbatas penggunaan karakter hurufnya. Jadi anda bisa menggunakan bantuan bitly untuk memperpendek link produk anda apabila anda memiliki link produk jualan anda. Namun apabila anda tidak punya link tersebut, anda bisa mengunggah gambar barang dengan deskripsi barang yang pendek, jelas, padat dan tentunya menarik. Apabila ada penggunaan karakter huruf sisa, anda bisa menggunakan hastag untuk lebih optimal dan penyebaran barangnya secara online. Selain itu anda bisa me-mention seseorang dengan menawarkan barang ataupun direct massage seseorang yang ada di Twitter yang sekiranya tertarik dan membutuhkan barang jualan anda




#C Instagram

Instagram adalah media sosial yang sangat cocok untuk anda yang sedang ingin menjual barang dagangannya secara online. Kenapa sangat cocok? Karena instagram memiliki pengguna yang banyak dan tidak kalah dengan Facebook dan Twitter.



Pada instagram, anda bisa membangun toko online dengan membuat akun Instagram toko online anda. Memberikan penjelasan mengenai toko online pada deskripsi anda di Profil instagram agar seseorang lebih percaya bahwa toko online anda adalah sebuah toko online yang nyata.




Cara kerjanya cukup mudah :

- Anda hanya perlu menggunggah photo produk anda
- Memberikannya deskripsi/ keterangan mengenai produk anda
- Tag dan Hastag. Tag untuk menandai teman anda yang sekiranya cocok dengan produk anda dan hastag dengan tujuan memperluas jangkauan dilihatnya produk anda di Instagram secara menyeluruh.


#D BIGCARTEL

Bigcartel ini adalah situs yang ditujukan untuk mereka para seniman dan para penjual barang. Bigcartel ini gratis, namun terbatas. Karena fitur untuk yang gratis hanya bisa menampilkan 5 barang dagangan. Dan pembayaran bisa melalui paypal.




#E Menggunakan situs penyedia lapak

Dengan menggunakan situs penyedia lapak seperti bukalapak, tokopedia,dan lain-lain anda bisa mempromosikan barang anda secara online 24jam non stop dan gratis!




#F Youtube

Anda bisa mengiklankan sendiri produk anda di Youtube dengan membuat video mengenai produk anda dan menarik pengunjung melalui itu. Gunakanlah deskripsi dan kata kunci sesuai produk anda.


Nah jadi bagaimana? Itu bisa jadi alternatif anda selain membangun toko online. Namun tidak ada salahnya juga membuat media sosial tersebut, karena selain untuk mengurus toko online di Blog, anda juga bisa mengoptimalkan media sosial ketika waktu senggang. Siapa tahu itu malah menjadi jalan sukses anda dalam menjual barang secara online.



Untuk membuat toko online menggunakan blog dan domain TLD sendiri itu tidaklah begitu sulit untuk anda lakukan sendiri, dengan adanya tutorial sederhana ini, saya harap anda mampu dalam membuat toko online dengan blogspot, ditambah dengan domain TLD sebagai pelengkapnya.




Hal-hal yang perlu anda punya sebelum membuat Toko online dengan blog adalah

1.  mempunyai akun Gmail

akun gmail adalah kunci dari kepemilikan blog, paypal dan domain anda nantinya jadi jagalah baik-baik dan jangan sampai lupa kata sandi anda sendiri.



2. Mendaftarkan ke Paypal

Setelah membuat Gmail, anda buatlah paypal untuk mempermudah anda dalam bertransaksi online. Ini bisa jadi alternatif apabila pengunjung ingin membayar dengan metode yang lain selain transfer melalui kartu kredit.


Nah, sekarang saatnya untuk membuat blog..


#1  BLOG

Setelah anda membuat akun gmail, anda masuk ke www.blogger.com untuk membuat blog anda. Ketika anda sudah masuk di Blog, langsung pilih login/sign in/masuk. (biasanya apabila sudah memiliki akun gmail berarti anda tinggal masuk dan membuat blog dan tidak perlu daftar ulang/sign up).


- Pilih tombol Buat blog baru.



- Lalu masukan nama dan URL Blog yang belum ada di Internet dan ingin anda jadikan sebagai nama atau URL dari Toko Online Anda.



- Pilih template blog anda, anda bisa menggunakan template bawaan blog ataupun template luaran yang banyak bertebaran di Internet. Namun saya sarankan untuk awal anda memilih template bawaan terlebih dahulu.



- Setelah anda memilih template blog bawaan anda dan merasa kurang cocok, anda bisa menggantinya dengan mencari template yang sesuai dengan keinginan anda. Saya sarankan ketika mencari template utamakan SEO, Fast Loading/Fast Respon, tidak berat, auto readmore, dan lain-lain.



- setelah anda memilih template yang cocok anda bisa mengunggah template tersebut melalui kolom menu “Tema”. Lalu unggah template ( biasanya pada bagian pojok kanan atas “Tombol backup/unggah template” ).



- Apabila sudah di unggah, anda bisa memberikan keterangan deskripsi mengenai blog atau toko online anda pada menu di kiri bawah, yakni setelan>dasar. (anda isikan semua sesuai dengan toko online anda).



- Saatnya untuk memposting artikel pertama anda, pilih tombol buat artikel. Anda tulis artikel mengenai produk anda dan unggah photo produk anda, jangan posting semua, posting satu produk saja (jadi satu artikel = posting 1 produk saja dengan keterangan lengkap seperti alamat, harga, spesifikasi barang, nomor hanphone yang bisa dihubungi, alamat email dan lain-lain agar mempermudah saat transaksi barang).  Setelah itu beri judul artikel anda, tulis label/kategori mengenai produk anda, setelah itu publish. Apabila anda ingin membuat artikel mengenai produk ke dua, anda bisa melakukannya dengan cara yang sama seperti tadi.



- Namun apabila anda tidak mau ribet dengan pembayaran, anda bisa menggunakan bantuan paypal agar menerima pembayaran bisa dilakukan secara mudah dan cepat. Caranya adalah dengan memasukan tombol script “Buy” paypal ke artikel produk blog anda. Untuk cara membuat tombol buynya cukup mudah, anda cukup masuk ke link ini https://www.paypal.com/id/cgi-bin/webscr?cmd=_singleitem-intro-outside lalu mengikuti intruksinya hingga selesai. (pastikan anda memilih tombol buy dan bukan donasi ataupun yang lainnya). Apabila sudah anda copy script yang sudah tersedia ketika menyelesaikan intruksi pembuatan tombol buy tadi.



- Setelah itu paste-kan ke artikel anda, sebelum mem-paste ke artikel anda, anda ganti dulu pada post editor artikel bagian Compose menjadi html. Apabila sudah anda baru memasukan script yang sudah anda copy tadi dibawah artikel anda. Lalu publish. Nah sekarang produk di artikel anda bisa dibeli melalui paypal ataupun dengan cara menghubungi anda terlebih dahulu lalu pembayaran dengan metode lain.




#2 DOMAIN TLD


Sekarang anda sudah memiliki toko online anda sendiri! Agar lebih resmi dan lebih terpercaya anda bisa membeli domain untuk blog anda. Anda bisa menggunakan .net .co.id .com ataupun .id
Untuk harganya pun berbeda-beda. Namun saya sarankan di Rumahweb karena lebih mantap dan terpercaya menurut saya. Anda bisa mengetikan kata kunci “rumahweb” pada mesin pencari Google dan lalu masuk ke webnya untuk mengetahui harga-harga dari domain yang ada.


Namun sekali lagi mungkin saya menyarankan .com saja karena kebanyakan manusia di bumi fikirannya lebih mengarah ke .com dan familiar ke situ.



Bagi yang belum mengerti apa itu domain, ini dia saya beri sedikit contohnya.
contoh blog anda adalah tokoonline.blogspot.com lalu anda membeli domain .com dan akan menjadi tokoonline.com
nah kira-kira seperti itu.



Oya bagi anda yang sekiranya belum mempunyai dana yang cukup untuk membeli domain, anda bisa menggunakan bawaan blog saja dulu juga tidak apa-apa. Karena blogspot.com sendiri index-ingnya juga bagus.




Mungkin itu dulu cara membuat toko online dengan blogspot dan domain TLD, apabila ada kesulitan dalam pembuatan toko online dengan blog dan domain TLD bisa tinggalkan komentar dibawah.
-





0 komentar