Cara Mudah Memantau Pendapatan Dan Iklan Google Adsense Dengan Google Publisher Toolbar

Cara Mudah Memantau Pendapatan Dan Iklan Google Adsense Dengan Google Publisher Toolbar

Google Adsense adalah suatu bisnis online yang cukup terkenal  diseluruh dunia. Tentu anda ataupun orang yang biasanya berkecimpung di dunia maya ini pasti tahu apa itu Google Adsense ini.
Untuk anda yang belum tahu, saya akan menjelaskan kembali seperti artikel-artikel saya sebelumnya mengenai apa itu Google Adsense.




Apa itu Google Adsense?

Google adsense adalah media periklanan dibuat oleh Google. Selain Iklannya ramah dan tidak mengganggu pembaca, Iklan Google Adsense juga mudah untuk di Tempatkan ke Suatu template, termasuk blog atau situs anda. (Karena Iklan Google Adsense ini bersifat responsive)
Dengan adanya Google Adsense, seseorang akan lebih mudah untuk mendapatkan pendapatan di Internet melalui Situs seperti Blog ataupun Youtube.


Cara kerja Google Adsense sendiri cukup simpel, apabila ada pengunjung yang Klik iklan yang anda pasang di Blog, anda akan mendapatkan komisi atau pendapatan dari klik Iklan tersebut.


Tentu untuk mendapatkan pendapatan dari Google Adsense butuh usaha yang sangat keras dan tidak Instan, namun bisnis ini sudah termasuk hal yang cukup luar biasa, karena kita hanya perlu meluangkan waktu untuk membuat konten, mempromosikannya, lalu mendapatkan pendapatannya.


Namun hal itu tak semudah yang kita bayangkan, untuk membuat konten sendiri, kita membutuhkan ide yang bagus dan tentunya segar alias baru dan berbeda  dari yang lain. Promosi sendiri juga tidak semudah yang biasanya dibayangkan, kita harus benar-benar menargetkan tempat promosi kita agar mendapatkan pengunjung yang responsif.


Setidaknya itu bisa anda lakukan apabila anda memiliki niat dan usaha keras, karena saya tahu, pada dasarnya, didunia ini tidak ada yang tidak mungkin.


Pendapatan dari Google Adsense

Bicara soal pendapatan dari Google Adsense,tentu pendapatan dari setiap publisher pasti memiliki pendapatan yang berbeda-beda. Karena pada dasarnya pasti para publisher juga memiliki jumlah blog yang berbeda, ada yang sedikit dan ada pula yang memiliki blog yang banyak, tentu bahasa konten dan niche juga berpengaruh terhadap pendapatan para publisher Google Adsense.



 Selain itu, pasti anda semua juga pernah merasa kesulitan dalam mengetahui sudah ada berapakah orang yang mengunjungi blog anda dan sudah berapakah orang yang sudah mengklik Iklan yang anda tayangkan di situs blog anda. Tenang, untuk soal itu saya mempunyai solusi atas permasalahan anda. Namun izinkan saya untuk menjelaskan mengenai Iklan sebentar.


Tips Mengenai Iklan Google Adsense

Banyak berbagai iklan di Google Adsense yang menawarkan harga Klik yang sangat bervariasi itu membuat saya sedikit tergiur akan mempelajari dan memperdalam mengenai Google Adsense Ini, Karena setiap klik dari Google Adsense ini ada yang memiliki perklik dengan harga yang cukup tinggi dan ada pula yang rendah. Tentu dari kita semua pasti mengusahakan dan mengoptimalkan bagaimana caranya untuk mendapatkan klik iklan yang cukup tinggi.


Untuk caranya pun bisa kita lakukan, meski tidak semudah yang kita bayangkan, adapun caranya adalah:

  • Mencari Keyword-Keyword yang memiliki harga Klik yang Tinggi
  • Memblokir Iklan yang tidak relavan dan memiliki harga klik yang rendah
  • Membuat Blog dengan Niche yang sempit, contoh niche yang luas “Info kesehatan”, “Tips kesehatan” itu adalah Niche yang luas jadi perklik akan kurang bagus, alangkah baiknya memilih niche yang sempit seperti “menurunkan berat badan” “makanan yang bisa menurunkan berat badan” “minuman yang bisa menurunkan berat badan” dan lain-lain Karena niche yang sempit memiliki harga Klik yang cukup tinggi meskipun anda memiliki konten dengan bahasa Indonesia sekalipun.


Ketiga cara diatas cukup efektif dalam meningkatkan pendapatan di Google Adsense.


Nah, untuk memantau semua itu dari pendapatan dan cara mengetahui alamat Iklan yang tidak relavan anda bisa memanfaatkan ekstensi dari Google Chrome yang bernama “Google Publisher Toolbar”



Google Publisher Toolbar ini merupakan ektensi buatan dari Google yang bisa anda manfaatkan untuk memantau pendapatan anda tanpa anda harus keluar masuk dashboard Google Adsense terus menerus. anda juga bisa memblokir Iklan yang tidak relavan dengan mencari tahu alamat dari Iklan yang tayang di situs blog anda ( anda bisa memanfaatkan ektensi Google Publisher Toolbar ini)



Untuk Google Publisher Toolbarnya bisa anda unduh secara legal disini: https://chrome.google.com/webstore/detail/google-publisher-toolbar/omioeahgfecgfpfldejlnideemfidnkc?hl=id


Setelah anda mengunduh dan menginstal Google Publisher Toolbar ini, anda bisa mengkaitkan Google Publisher Toolbar ini dengan Google Adsense Accounts anda.


Setelah anda mengkaitkan Google Publisher Toolbar ini dengan Google Adsense Accounts, anda bisa dengan mudah memantau hasil dari tayangan iklan anda disana, biasanya berada di bilah kanan atas Google Chrome.


Untuk memblokir Iklan yang kurang relavan

Cara mencari tahu alamat Iklan dan cara memblokir Iklan yang kurang relavan :

  1. Cari tahu dengan mengunjungi Situs blog anda sebagai contoh www.teorinewbie.blogspot.com
  2. Lalu aktifkan “No” menjadi “Yes” pada bagian bilah kanan atas Google Publisher Toolbar
  3. Setelah itu anda bisa ikuti Intruksinya, anda bisa menunjuk Iklan anda, setelah itu alamat dari Iklan akan tampil
  4. Setelah anda mengetahui alamat-alamat Iklan yang sekiranya tidak relavan  untuk anda anda bisa pergi ke Dashboard Google Adsense untuk pemblokiran Iklan
  5. Masuk ke Google adsense: https://www.google.com/adsense
  6. Pilih menu Allows / Block Ads, setelah itu masukan alamat-alamat URL iklan yang tidak relavan anda disana.
  7. Selesai ( biasanya Iklan yang tidak relavan tidak akan tayang lagi, namun membutuhkan waktu dua sampai tiga hari tergantung pihak Google Adsense dalam menanggapinya nanti )


Nah itu dia manfaat dari Google Publisher Toolbar, jadi tunggu Apa lagi? Instal sekarang!
NB: Hanya support untuk Google Chrome.








0 komentar