8 Cara Mempercepat Loading Blog Menjadi Super Ringan Hingga 99%


Cara Mempercepat Loading blog Menjadi Super Ringan hingga 99%
Blog yang ringan adalah blog yang di idam-idamkan para blogger di seluruh dunia.

 Karena blog yang ringan memiliki banyak manfaat yakni salah satunya tidak akan membuat pengunjung lari alias ketika pengunjung mengunjungi blog anda yang super ringan otomatis pengunjung akan mengarah pada artikel yang dia kunjungi secara cepat. 

Dengan itu pengunjung bisa mendapatkan apa yang ia ingin dapatkan dengan cepat dan mudah tanpa menunggu loading blog yang lamban. 

Apabila ia sudah mendapatkan sesuatu yang ia dapatkan di artikel blog anda tentu dia akan senang dan puas. ( Pengunjung bisa datang dari arah manapun, entah itu dari Mesin Pencari Google maupun Backlink anda di Web ataupun Media Sosial )



Untuk anda yang ingin memiliki blog yang loadingnya cepat, saya memiliki beberapa tips yang mungkin bisa anda terapkan agar blog anda makin “wusss” dan super ringan!

#1 Perkecil CSS ( Compress CSS )
Perkecil CSS Anda, dengan anda mengompress CSS anda, blog anda akan menjadi semakin ringan. Anda bisa melakukannya secara manual apabila anda mengerti coding dan mempunyai waktu untuk itu, atau anda bisa menggunakan layanan-layanan yang menyediakan compress CSS dibawah ini:




Selain CSS anda juga perlu mengompress javascript.

#2 Kompres Gambar Sebelum Upload atau Gunakan Gambar yang Ringan.
Untuk mengompres gambar agar ringan sebelum upload anda bisa menggunakan software Advanced JPEG Compressor. 

Lumayan lho, size yang darinya 2MB bisa dirubah menjadi 300Kb’an. 

Selain itu untuk mendapatkan gambar yang ringan dengan kualitas yang bagus anda juga bisa mengunjungi 50 Situs Penyedia Layanan Gambar Gratis yang bisa Anda Gunakan secara legal. 

Namun apabila anda menyukai gambar vector atau gambar flat mirip di PanduanIMdotcom anda bisa Mengunjungi 3 Situs Penyedia Layanan Gambar Vector Gratis dan Legal.


#3 Hindari Pemakaian Background Gambar di Blog Anda
Background gambar terkadang digunakan blogger untuk mempercantik halaman blognya, namun itu malah akan memperparah loading blog anda. 

Apabila anda ingin menggunakan background lebih baik menggunakan warna background saja, karena itu lebih SEO dan Ramah untuk pengunjung dan Blog anda.



#4 Gunakan Widget seperlunya.
Gunakanlah widget seperlunya saja, seperti related post, Facebook page like box dan label saja. Karena itu sudah cukup untuk mencukupi blog anda. Namun juga tidak ada salahnya anda menambahkan yang lain. 

Namun hindari penggunaan widget yang banyak dan sama. Biasanya kita sering menemui widget yang sama di blog tetangga sebagai contoh dia menggunakan widget label dan kategori. 

Nah, hal seperti itulah yang wajib kita hindari dan alangkah lebih baiknya kita menggunakan salah satu widget saja yang sudah bisa mewakili.



#5 Tampilkan 4-5 postingan di Halaman Utama Anda
Nah tampilan post di halaman utama ini juga sangat penting dalam mempercepat loading blog anda lho. Gunakanlah post 4-5 postingan saja apabila anda menginginkan blog anda menjadi super cepat loadingnya.


#6 Gunakan Javascript LazyLoad
anda bisa menambahkan cara/tips javascript lazy load ini untuk blog anda. Dengan adanya Javascript LazyLoad ini loading blog anda akan semakin cepat.

Ini dia cara memasang Javascript lazyload pada template blog anda :
Langsung saja kita masuk pada EDIT HTML ya.

  •  Buka Tab Tema / Template dan klik tombol Edit HTML
  • Silahkan anda cari kode </head>  untuk mencari anda bisa meneekan tombol Ctrl+F
  • Copy dan paste kode Javascript di bawah ini :

<script charset='utf-8' src='http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.3.2/jquery.min.js' type='text/javascript'/>   <script src='http://cuerosb.googlecode.com/files/cueros%20-lazyload.js' type='text/javascript'/><script charset='utf-8' type='text/javascript'>$(function() {        $(&quot;img&quot;).lazyload({placeholder :        &quot;https://lh5.googleusercontent.com/_u4rBCfM4eII/TXksAi6R_OI/AAAAAAAABZY/2k63Mrtswf0/grey.png&quot;,threshold        : 200});        });        </script>
  • Pasang diatas kode </head>
  • Selesai

#7 Merubah script pembuka Head & Penutup Head untuk Memperingan loading blog.

  • Ganti <Head> Menjadi 
  • 
    &lt;head&gt;
  • Dan ganti </head> menjadi 
  • &lt;/head&gt;&lt;!--<head/>--&gt;
  • Selesai.

#8 Memperingan Iklan Google Adsense ( Apabila anda menggunakan ads ini )
Cara ini cukup efektif untuk memperingan load iklan Google adsense anda, dengan ini akan memberikan dampak bagus untuk blog anda dalam mengeload konten blog.
Untuk caranya :

  • Perhatikan Contoh Kode Iklan Google adsense dibawah ini :

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script><!—Contoh Kode Iklan Google Adsense --> <ins class="adsbygoogle"style="display:block"data-ad-client="ca-pub-9625742356464643564"data-ad-slot="421329646346"data-ad-format="auto"></ins><script>(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});</script>

  • Ambil kode yang berwarna merah diatas. atau anda bisa copy code dibawah ini


<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>


  • Lalu letakkan kode script tersebut tepat dibawah kode </b:skin> namun sebelum itu anda perlu parse kode dibawah ini

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>

Anda bisa parse di HTML PARSE – Teori Newbie

  • Selanjutnya Apabila anda ingin memasang unit iklan cukup mengambil kode seperti ini saja tanpa kode asinkron /  async.
Jadi cukup seperti ini saja:  

<ins class="adsbygoogle"style="display:block"data-ad-client="ca-pub-9625742356464643564"data-ad-slot="421329646346"data-ad-format="auto"></ins><script>(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});</script>
  • Selesai


Nah, itu dia 8 cara untuk membuat loading blog menjadi ringan, selamat menerapkan!








0 komentar