Mengingat Kembali Sejarah Blogger.com Hingga Kini


Mengingat kembali sejarah Blogger.com

Perkembangan zaman semakin menuju era yang lebih modern dan global. Semua yang ingin kita ketahui juga sudah menjadi praktis dan mudah karena kemunculan internet itu sendiri.

di era ini tentu anda semua pasti tahu apa itu blogger.com?
Ya, tentu pasti anda semua tahu.

Tetapi tidak semua mengetahui sejarah dari blogger.com tersebut.


Sejarah Blogger.com
Blogger.com merupakan platform yang diciptakan oleh Pyra Labs.
Pendirinyaadalah Evan Williams dan Meg Hourihan.

Produk pertama yang dimiliki perusahaan ini dinamai Pyra yakni aplikasi berbasis web yang dapat menggabungkan pengelolaan proyek, kontak, dan daftar tugas.

Pada tahun 1999, Pyra masih dalam tahap uji coba. pada saat itu juga produk bernama Pyra diubah menjadi nama baru yakni Blogger.

Lalu layanan ini disebarluaskan pada Agustus 1999 oleh Paul Bausch dan Matthew Haughey.


Pada Tahun 2002, Blogger dirombak ulang secara keseluruhan untuk ditawarkan ke perusahan lain. Perusahan yang pertama ditawari pada saat itu adalah Globo dari Brazil.

Namun, pada tahun 2003 Google mulai tertarik dengan adanya blogger ini dan memutuskan untuk meng-akuisi blogger ini menjadi miliknya. pada masa pengambilan alih saat itu, Karyawan Pyra Labs adalah Evan Williams, Jason Shellen, Steve Jenson, Jason Sutter, Jason Goldman dan Rudy Winnacker.


Dengan diakusisinya Blogger.com oleh Google munculah layanan-layanan dan fitur-fitur baru yang membuat blogger.com ini lebih berbeda dari yang lama.

Salah satu bedanya adalah fitur premium yang dimiliki oleh blogger yang sebelumnya sangat dikomersilkan kini bisa digunakan secara gratis dan bebas.

Pada Mei 2004Google juga mulai merubah dan merombak situs blogger.com menjadi lebih baik lagi dari segi fitur dan tampilannya.

Pertama dimulai dari dibelinya Picasa oleh Google. Dengan dibelinya Picasa, pengguna blog dapat mempublikasikan photonya di Blogger.com. Dan kedua pada 9 Mei 2004, blogger mulai memperkenalkan kembali beberapa perubahan besar dari sistem publikasi blognya. Perubahan tersebut berupa:
1. Penambahan fitur seperti templat yang memenuhi standar web
2. Halaman arsip individual untuk masing-masing posting dan komentar serta fitur posting melalui email.

Pada Oktober 2004 Evan Williams pendiri dari Pyra Labs memutuskan untuk mengundurkan diri dari Google dan kemudian membentuk Obvious Corp.
Dan pada tahun 2006, disusul juga oleh Jason Goldman. 

Pada 14 Agustus 2006. Google meluncurkan versi terbarunya dalam tahap beta yang diberi nama “Invader”. Versi terbaru ini memigrasikan pengguna blogger  ke server milik Google dengan menambah beberapa fitur terbaru.

Pada desember 2006. Versi baru ini keluar dari tahap beta.
Lalu, pada Mei 2007. Blogger selesai memigrasikan semua data penggunanya ke server Google.

Sekitaran September 2011 Google mulai memperbarui Interface dashboard blogger.
Interterface tersebut didesain lebih minimalis dan lebih elegan sehingga lebih memudahkan pengguna dalam mengelola di blognya.

Pada maret 2017. Google juga menambah template-template terbaru yang lebih elegan dan minimalis dari template sebelumnya.

 Template-template blog tersebut sudah auto readmore, memiliki thumbnail, responsive dan tentunya lebih banyak pilihandan fitur yang bisa pengguna pilih dan gunakan untuk keperluan blognya.







0 komentar